Pages

Pantai Tegal Retno, Indah dan Sederhana


Bagi warga Kebumen mungkin kurang akrab dengan pantai satu ini, namun tidak bagi warga Petanahan. Letaknya yang cukup tersembunyi yaitu dari pertigaan arah Pantai Petanahan, ambil kiri sampai Pasar Bodo, tanya saja warga daerah situ untuk Pantai Tegal Retno. Akses yang kurang memadahi dan tersembunyi membuat tempat ini kurang populer. Namun tidak ada salahnya kita untuk mencoba kesana karena usaha anda dalam mencarinya tak akan sia-sia.

Sesampainya disana kita akan disambut oleh semacam rawa dimana nanti kita harus menyeberanginya untuk bisa sampai ke Pantai. Namun rawa ini bukan seperti yang kita bayangkan, penuh pohon, lembab, buaya, mengerikan, dsb, namun seperti sungai yang sangat dangkal dimana banyak pohon-pohon mangrove disana. Saat saya berkunjung pohon mangrove masih muda-muda. Banyak keong pula dan bisa ditemui beberapa anak-anak yang mencari ikan. Setelah menyeberang kita akan melewati semacam padang rumput bak savana (halah) yang luas kadang kita bisa melihat sapi yang sedang merumput. Sedikitnya pohon besar untuk berteduh membuat tempat ini cukup panas jika dikunjungi siang hari tentunya, namun akan berbeda jika sore hari, angin dan langit khas sore terasa lebih bagus. 

Pantai Tegal Retno, sebelas-duabelas dengan pantai bocor untuk bentuk dan pasirnya namun yang membedakan disini yaitu kondisinya yang masih bersih, minim sekali sampah dan adanya kapal-kapal nelayan pencari ikan yang parkir di pinggir pantai, bagus untuk foto-foto. 
Pantai ini sangat potensial jika dikembangkan lagi dari akses jalan dan fasilitas umumnya. Untuk pembaca sekalian silahkan berkemas dan mencoba untuk berkunjung ke Pantai ini, jangan lupa untuk membawa payung dan jangan buang sampah sembarangan. 








1 komentar:

  1. Bagus pantainya jd pengen kesana waktu mudik bulan depan
    @fatchuroz1 on twitter

    BalasHapus