Pages

Ultrawide Street

Sepertinya kurang begitu populer penggunaan focal length lebar seperti Ultra Wide Angle Lens 10mm untuk memotret foto jalanan apalagi jelas lensa seperti itu hanya terpasang untuk kamera DSLR dimana (tidak harus sebenarnya) lebih asik memotret street itu menggunakan kamera yang cenderung lebih kecil dan ringkas, seperti rangefinder, pocket, dan mirrorless. Dari sejarah munculnya streetphotography sampai sekarang saya jarang sekali menemukan (walaupun ada) beberapa fotografer jalanan menggunakan focal length ini, rata-rata 24mm, 28mm, 35mm, 50mm paling jauh. Atau mungkin saya sendiri masih kurang referensi ya? hehe

Lensa ultra wide ini bagi saya sangat spesial karena dia dengan sudutnya yang lebar bisa memberika kesan dramatis dan intim antara fotografer dan objek foto. Apa yang kita lihat dikamera lebih jauh dari aslinya, jadi kita memang harus berhati-hari. Luasnya cakupan lensa ini juga menantang kita bagaimana kita menjaga jarak dengan objek foto karena jika dengan tiba-tiba kita "menodong" mereka tiba-tiba di tempat umum pasti mereka marah, jadi pintar-pintar kita berakting dan mencari angle yang pas. Karena sangat luas hal-hal tidak penting di sekitar objek akan mudah sekali masuk dalam frame maka dari itu kita juga harus teliti mengatur komposisi, namun dalam streetphotography itu bisa menjadi salah satu keuntungan tersendiri karena justru hal-hal tersebut bisa menjadi penting dimana malah mendukung dan "mempercantik" kealamian situasi ruang publik yang terekam dalam frame.

Dengan cakupannya yang luas kita bisa mendapatkan gambar dengan cakupan yang banyak, akan ada banyak objek lain masuk dalam frame namun jika kita teliti itu bisa menjadi keuntungan tersendiri khususnya pada streetphotography dengan menampilkan keadaan apa adanya, unposed, unstaged. Kita bisa bermain dengan angle-angle ekstrim dan hasil yang lebih dramatis, kemudian mendorong kita untuk lebih intim dengan objek, dan memasukkan lebih banyak objek.

Disaat hunting dengan 10mm pertama saya melihat keadaan dan lingkungan sekitar, apakah itu dalam keadaan ramai orang atau tidak atau biasa saja. Akan lebih mudah jika saat ramai orang seperti saat CFD atau saat ada tontonan/event, disitu kita bisa dekat dengan objek tanpa harus merasa was-was dan kita bisa membuat foto close up orang-orang tersebut. Beda jika itu tempat yang cukup sepi jika saya lebih cenderung mencari foto dengan komposisi yang menarik dan lebih mengarah ke keadaan/situasi tempat publik tersebut. Mungkin hampir sebagian besar foto street di blog ini menggunakan focal length 10mm, silahkan di cek saja jika teman-teman berkenan untk melihat-lihat.

Itu beberapa opini saya pada penggunaan ultra wide lens untk streetphotography, berikut beberapa contoh foto yang menggunakan focal length 10mm:













Tidak ada komentar:

Posting Komentar