Pages

Malam Sekaten di Surakarta


Malam Sekaten di Surakarta

             Setiap memasuki bulan Maulud yaitu bulan dimana Nabi Muhammad SAW dilahirkan, umat Islam di Kota Surakarta khususnya berbondong-bondong mendatangi sebuah acara besar bernama Sekaten. Bermula dari zaman Kerajaan Demak dan para Wali dalam merayakan bulan kelahiran Rasululloh SAW serta penyebaran agama Islam di kota Surakarta, tepatnya di Masjid Agung Surakarta diadakan penabuhan Gamelan Sekaten bertujuan untuk mengundang rakyat setempat datang dan disitu diberikan semacam dakwah tentang agama Islam kemudian bagi rakyat yang "terpanggil" mereka akan disyahadatkan.

         Waktu semakin berjalan perayaan Sekaten pun berubah menjadi sebuah "pesta rakyat" dimana menjadi simbol dari kebahagiaan atas lahirnya Rasul Utusan Alloh SWT. Banyak sekali wahana-wahana hiburan layaknya pasar malam seperti bianglala, kora-kora, kuda putar, kuliner-kuliner khas, dan sebagainya.

           Sama halnya zaman dulu, rakyat masih berbondong-bondong datang mencoba wahana permainan dan mencicipi kuliner khas Surakarta. Tidak lupa bagi para penggemar fotografi acara ini sangat "eman-eman" untuk dilewatkan karena banyak sekali objek unik serta suasana khas yang ada di Sekaten ini.
#CMIIW

Loket Masuk

Tong Stand

Ontang-Anting

Atraksi1

Atraksi2

Atraksi3

Menunggu Pembeli

Lihat Sekaten Sama Bapak



©Nizar Arsyadani

2 komentar: